Jadwal kompetisi Formula One (F1) musim 2010 dipastikan bakal lebih padat. Sebagaimana dilaporkan Sportinglife, Rabu (3/3/2010), terdapat 19 seri yang harus dimainkan setiap tim di musim ini.

Jumlah ini merupakan yang terbanyak kedua dalam sejarah F1. Diketahui, jumlah seri terbanyak pertama terjadi pada musim 2005 dimana setiap tim juga harus memainkan 19 seri. Jadi, pada musim ini setiap pembalap akan melakoni dua seri lebih banyak dibanding musim lalu yang hanya 17 seri.

Penambahan ini tak lepas dari keputusan FIA yang mengijinkan Korea tampil sebagai tuan rumah. Bertempat di sirkuit Yeongam, Negeri ginseng siap menandai debutnya sebagai salah satu tempat bergulirnya ajang balap mobil paling elit sedunia, pada 24 Oktober 2010.

Selain Korea, FIA juga kembali mempercayakan Kanada sebagai tuan rumah setelah setelah setahun absen, karena waktu balapan (waktu lokal) tidak ideal dengan waktu di Eropa. Kembali dipercayanya Kanada juga tak lepas dari prospek vital masa depan F1. Selain itu, Sirkuit Montreal juga dikenal sebagai salah satu sirkuit populer yang banyak digemari para pembalap.

Kalender F1 musim 2010 akan dimulai pada 14 Maret 2010. Sensasi balapan malam akan kembali dirasakan para pembalap di Sirkuit Sakhir, Bahrain. Sementara Sirkuit Yas Marina di Abu Dhabi ditunjuk sebagai tuan rumah gelaran pamungkas pada 14 November 2010. Yas Marina menggantikan sirkuit Interlagos, Brasil yang pada musim lalu terpilih sebagai venue gelaran pamungkas F1.

Berikut Kalender Formula One (F1) musim 2010:
Waktu – Negara – Sirkuit
14 Maret - Bahrain (Sakhir)

28 Maret - Australia (Melbourne)

4 April - Malaysia (Sepang)

18 April - China (Shanghai)

9 Mei - Spanyol (Barcelona)

16 Mei - Monaco (Monte Carlo)

30 Mei - Turki (Istanbul)

13 Juni - Kanada (Montreal)

27 Juni - Eropa (Valencia)

11 Juli - Inggris (Silverstone)

25 Juli - Jerman (Hockenheim)

1 Agustus - Hungaria (Budapest)

29 Agustus - Belgia (Spa-Francorchamps)

12 September - Italia (Monza)

26 September - Singapura (Marina Bay)

10 Oktober - Japan (Suzuka)

24 Oktober - South Korea (Yeongam)

7 November - Brazil (Interlagos)

14 November - Abu Dhabi (Yas Marina)

sports.okezone.com