Chelsea kemungkinan besar akan menurunkan kiper ketiga, Ross Turnbull saat menjamu Inter Milan di leg kedua 16 besar Liga Champions, Selasa (16/3/2010).Minimnya jam terbang Turnbull, memperbesar peluang kalah Chelsea.

Hal itu tak lepas dari cederanya dua kiper utama, Peter Cech dan Henrique Hilario. Cech mengalami cedera betis pada laga leg pertama, di San Siro, 24 Februari silam. Sementara itu, Hilario mendapat cedera pengkal paha, pada laga perempat final Piala FA melawan Stoke, akhir pekan silam.

Memang, setelah kalah 1-2 di leg pertama, Chelsea cuma membutuhkan kemenangan 1-0 di leg kedua untuk masuk perempat final. Namun, mengingat banyaknya variasi permainan dan tembakan Inter, jam terbang dan kemampuan kiper mengenal karakter lawan menjadi faktor yang sangat menentukan keberhasilan Chelsea.

Mengacu hal itu, Turnbull bisa menjadi titik lemah Chelsea. Sepanjang musim ini, ia baru bermain dua kali, yaitu ketika mengalahkan Bolton Wanderers 4-0 di Piala Carling, Oktober silam dan bermain imbang 2-2 dengan APOEL Nicosia di Liga Champions, Desember silam.

Pelatih Chelsea, Carlo Ancelotti mengerti masalah itu. Karenanya, meski mengaku percaya kepada Turnbull, ia juga berusaha keras memulihkan dan menyiapkan Cech atau Hilario untuk laga itu.

"Kami bermasalah dengan kiper. Kami tak tahu apakah Hilario atau Petr Cech bisa bermain Selasa nanti. Cech melakukan fisioterapi. Ia tak berlatih di lapangan. Sulit baginya untuk pulih hari Selasa. Hilario mendapat masalah otot di pangkal paha ketika melawan Stoke dan tidak bisa berlatih pekan ini," ujar Ancelotti.

"Namun, saya percaya kepada Turnbull. Saya tak bermasalah menurunkannya melawan Inter Milan. Ia tak banyak bermain musim ini. Namun, dengan latihan bersama pelatih kiper kami, kemampuannya telah meningkat," lanjutnya.

Ancelotti akan menguji kesiapan Tunrbull saat duel Premier League melawan West Ham, Sabtu (13/3/2010). Hasil laga ini akan menjadi cerminan kesiapan tim secara keseluruhan sebelum duel versus Inter.

"Besok saya akan memainkan barisan starter terbaik karena ini adalah laga penting. Kami harus menang dan kembali ke puncak klasemen," ujarnya.

"Namun, kami memiliki masalah. Michael Essien, Ashley Cole, dan Jose Bosingwa akan absen. Ricardo Carvalho dan Hilario juga tak bisa bermain. Jadi, di Turnbull akan mengawal gawang kami," tambahnya. 

Chelsea saat ini berada di posisi kedua klasemen dengan 61 poin, atau tertinggal dua angka dari Manchester United.

bola.kompas.com